Kamis, 14 Juni 2012

Tips Sehat Bagi Orang Kantoran

Bagi orang yang bekerja di kantor yang sebagian besar waktunya dihabiskan dengan duduk diatas kursi dan duduk didepan komputer, berikut ada sedikit tips sehat dari saya :
 1.      Setiap satu jam sekali biasakanlah berdiri dari kursi dan berjalan/menggerakkan badan agar otot dan syaraf tidak kaku, misalnya dengan berjalan keluar ruangan dan menghirup udara segar di belakang kantor dengan sedikit melakukan gerakan yang membuat rileks kemudian masuk ruangan lagi.
2.      Seringlah mengedipkan mata ketika berada didepan komputer, tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban mata agar mata tidak cepat kering dan lelah karena menatap layar monitor.

3.      Gunakanlah kursi yang ada sandarannya dan atur ketinggian kursi dengan ketinggian meja agar seimbang saat anda dalam posisi duduk/mengetik di komputer. Aturlah senyaman mungkin karena ini dapat membuat rileks otot anda.
4.      Sering-seringlah memandang warna hijau alami, seperti daun-daun dan semisalnya, agar mata tidak cepat lelah didepan layar monitor yang radiasinya tinggi.
5.      Tips yang terakhir setiap 2 jam sekali biasakanlah minum air putih. Karena kata dokter orang yang banyak duduk tanpa banyak minum air putih dapat beresiko terkena penyakit ginjal/kencing batu. Selain itu minum air putih juga dapat menyegarkan tubuh dan mengganti cairan tubuh yang hilang.

Selain kelima tips diatas, yang paling penting adalah selalu memulai pekerjaan kita dengan mengucap "bismillah" agar pekerjaan kita lancar dan diberkahi oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Dan jangan sampai lupa jika sudah tiba waktunya shalat lima waktu atau sudah mendengar adzan, maka segeralah menuju ke masjid terdekat untuk menunaikan shalat secara berjamaah bagi laki-laki dan bagi perempuan maka lebih utama shalat sendirian. Demikian, semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar